Senin, 01 Juni 2015

Tak Harus Menunggu Dingin

Isinya penuh

MINUM ronde lazimnya dilakukan saat udara dingin atau malam hari. Hanya, anggapan itu mulai tak berlaku lagi.

Buktinya, Depot Ronde Biliton di Surabaya tetap diserbu pembeli sebelum tengah malam. Sejak buka pukul 19.00 WIB, pembeli terus berdatangan seakan tiada henti.

Memang harus diakui, tak banyak pilihan untuk melepas kangen meminum air sari jahe yang enak tersebut di Kota Pahlawan, julukan Surabaya. Paduan air jahe dengan bulatan ronde serta kacang tanah dan kolang-kaling mampu menghangatkan tubuh.

Namun, sebenarnya, bukan hanya ronde yang dijual di Depot Ronde Biliton tersebut. Ada bisa memesan susu telor madu jahe (STMJ), kopi susu, kopi jahe, maupun jahe telor madu.

Memang, dari semua menu minuman yang ditawarkan, ronde memang paling dikenal. Meski sangat popoler, tapi jangan takut untuk datang.

Harga satu mangkok ronde Biliton sangat murah yakni Rp 5.000. Waktu penulis datang ke sana, hanya merogoh Rp 8.000 karena tambah dua puding.


LOKASI:
Sesuai namanya, Depot Ronde Biliton berada di Jalan Biliton. Bukanya memang malam hari.

Kalau siang, Anda pasti tidak percaya kalau di tempat tersebut menjadi tongkrongan yang ramai. Depot Ronde Biliton berada di atas sebuah parit kecil.

Untuk ke tempat tersebut, paling mudah Anda dari Stasiun Gubeng atau Hotel Sahid. Jalan ke selatan akan membuat Anda sampai ke Depot Ronde Biliton.
Lebih ramai kalau malam hari

Memang, paling pas datang di atas pukul 21.00 WIB. Saat itu, Jalan Biliton sudah tak terlalu ramai dan padat. Ini akan membuat Anda memudahkan memarkirkan sepeda motor atau mobil.

Di dalam depot, tersedia tiga meja yang cukup untuk dipakai menyeruput minuman. Tapi, kalau suka lesehan, Anda bisa duduk di trotoar di samping depot. (*)

0 comments:

Posting Komentar